Malam Lailatul Qadr
oleh : Junita Agustin


-Apa itu lailatul qadar?

Lailatulqadar atau Lailat Al-Qadar, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Al - Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surah Al Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

-Apa sih keistimewaan Lailatul Qadar ?

Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Qur'an. 
Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi
Malam tersebut disepakati Jumhur ulama bahwa keistimewaan malam lailatul qadar hanya berlaku bagi para umat Nabi Muhammad SAW. Umat-umat dari nabi terdahulu tidak mendapatkan hal tersebut.
Malam tersebut adalah malam lebih baik dari seribu bulan,Maksud lebih baik dari seribu bulan tersemat pada surat Al Qadr ayat ke-3,. Latho-if Al Ma'arif menafsirkan, "Amalan di lailatul wadar lebih baik dari amalan di seribu bulan,"
Adapun, maksud dari lebih baik dari seribu bulan adalah salat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari salat dan puasa di seribu bulan yang tidak terdapat lailatul qadar.

Malam tersebut sering disebut sebagai malam pengampunan. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa orang yang beribadah menyambut datangnya malam lailatul qadar akan diampuni dosanya yang terdahulu. 
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang," (HR Ahmad dan Thabrani).

-Kapan Waktu Lailatul Qadar Tersebut?

Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa terjadinya malam Lailatulqadar itu pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, hal ini berdasarkan hadisdari Aisyah yang mengatakan: " Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beriktikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatulqadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Lailatulqadar kemungkinan akan "diwujudkan" oleh Allah pada malam ganjil, tetapi mengingat umat islam memulai awal puasa pada hari atau tanggal yang berbeda, maka umat islam yang menghendaki untuk mendapatkan keutamaan Lailatulqadar dapat "mencarinya" setiap malam. Agar kita yang menghendaki "mendapatkan" Lailatulqadar, maka berbuka puasalah "sekadarnya" saja agar badan tidak "menjadi berat" dan malas serta menjadi sebab mengantuk dan mudah tertidur, sehingga yang kita inginkan untuk mendapatkan Lailatulqadar tidak membuahkan hasil.


-Doa Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Arab latin: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku,"