Aku Titipkan IAT Kepadamu 

Oleh : Jaka Ghianovan


Kawan, dalam bulan Syawal 1445 H yang sedang kita lalui ini, semua tenggelam pada keceriaan dan kebahagiaan pasca berakhirnya bulan Ramadhan. Tentu setelah sebulan lamanya kita berpuasa menahan diri dari makan dan minum di siang hari serta mengisi waktu ibadah tambahan di malam hari telah kita lalui bersama. Meski waktu dan tempat terpisah, namun esensi dari ibadah ramadhan tetap terlaksana.

Kini lebaran semua kembali kepada kesucian baik diri maupun jiwa. Ada yang menetap di kota dan ada pula yang pulang ke kampung halaman. Kita semua tetap menyambut dengan suka cita.

Tak terasa beberapa hari lagi kita akan masuk dan beraktifitas normal di kampus tercinta, IDAQU Jakarta. Semua akan membawa kisahnya masing-masing dalam menikmati waktu akhir Ramadhan dan awal Syawal. Tentu kita akan bertemu kembali dengan membawa semangat baru untuk bergandeng tangan membangun rumah inti yaitu Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (HMP IAT) IDAQU.

Sahabatku semua, rumah yang telah dirintis dan dibangun tentu mengalami dinamika di setiap masa. Semakin besar harapan kita, semakin tinggi pula tantangan yang dihadapi. Tentu orang yang memasuki rumah ini akan ada yang bertahan dan ada pula yang silih berganti. Bagi kalian yang bertahan dan bersabar dalam membangun juga mengembangkan rumah ini, maka kalian adalah pemenang. Namun, kita tetap ingat, bahwa rumah ini perlu untuk dikembangkan ke arah lebih baik, karena itu terdapat regenerasi di setiap masa.

Setelah masa kepemimpinan ini berakhir, semoga pengurus rumah ini dapat merangkul seluruh penghuni baru yang akan tinggal dan mengabdi di rumah ini. Karena itu, sebelum menjadi penghuni resmi, bagi para pengurus, jangan lupa untuk tetap mempertahankan program yang telah dijalankan pada kepemimpinan sebelumnya dengan tetap mengembangkan program baru yang lebih baik untuk kemajuan rumah besar yakni IAT IDAQU.

Sebelum memulai masa baru, kepada pengurus masa kini, mari sama-sama kita Tadabbur surat Ali Imran ayat 103-104 sebagai bekal untuk berdakwah. Selanjutnya bagi generasi selanjutnya, mari mentadabburi kalam Allah pada surat at-Taubah ayat 122 agar dapat memahami job desk dari masing-masing pengurus serta memahami bakat setiap kader baru. 

Semoga dengan tulisan ini dapat memberikan kesegaran dan semangat baru dalam diri masing-masing anggota HMPS Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Mohon maaf lahir batin untuk seluruh anggota dari pembina kalian.