Oleh : Muhamad Ryan Hakim

            Hari itu Minggu, 21 April 2024. Ada seseorang laki-laki berbaju hitam dengan logo bendera merah putih ditangan kanannya, ia merasa jiwanya bergelora, seakan-akan seperti api didalam tubuh membakar dirinya, memacu semangat untuk melakukan apapun itu, demi menjadi lebih baik dari dirinya yang sebelum itu. Hari itu bertepatan dengan memperingati hari kartini. Hari dimana Perempuan mempunyai semangat dan dedikasi tinggi, demi keadilan dan kesetaraan dunia ini, yang dipelopori oleh Raden Ajeng Kartini. Tapi kali ini bukan mau ngebahas tentang itu, melainkan akan membahas tentang seseorang laki-laki berbaju hitam dengan logo merah putih ditangan kanannya. Yes, hari dimana… laki-laki berbaju hitam dengan logo merah putih ditangan kanannya mulai paham tentang hidup yang ia jalani.

Hari itu, tepat didepan sebuah kedai berwarna hitam abu-abu, laki-laki itu meratapi kedai tersebut, bukan meratapi dengan tatapan kosong, ataupun bengong seperti orang dongo. Tetapi dikedai tersebut terdapat sebuah kalimat, dengan tulisan “start your day with a smile”, saat itu ia mulai paham makna dari hidup yang sesungguhnya. Setitik demi setitik ia merangkai dan menjalani hidupnya dengan penuh semangat dan senyuman. Hingga akhirnya ia menemukan alurnya dan mulai nyaman menjalankannya dengan rasa semangat dari sesuatu yang menjadi tujuan hidup nya.

Seseorang pernah berkata kepadanya, Langkah awal untuk hidup itu “memaafkan”. Walau memang memaafkan tidak akan mengubah masa lalu, tetapi itu memberi ruang besar untuk masa depan yang akan kita jalani. Dalam surah al-Mulk [67:2], bahwa hidup didunia ini bukan untuk berfoya-foya apalagi bermalas-malasan. Jadi lakukanlah hidup ini dengan penuh riang dan sukacita untuk menjadi sesuatu yang berarti pada seksama manusia. Memang ga gampang! Ibarat pohon pasti ada tantangan dari luar maupun dalam, diterpa angin kencang, digerogoti dengan Binatang kecil, atau rusaknya suatu sel dalam pohon tersebut, yang akhirnya membuat semua itu menjadi rapuh bahkan mati. Tak usah khawatir dengan itu semua, itu sebuah perjalanan yang nantinya dapat menjadi cerita dan makna. Cukup percaya kepada-NYA dan jalani ini semua dengan senyuman yang ceria.