" Digital Marketing "

Oleh : Asla

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Pada abad ke-21 sekarang, perkembangan teknologi telah menguasasi era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi telah merambat kedalam dunia bisnis, maka kita sudah tidak asing dengan kata digital marketing, dengan kecanggihan fitur-fitur media sosial, kegiatan marketingpun dapat di laksanakan secara online.

Digital marketing mempengaruhi serta menarik para konsumen dan calon konsumen dengan cara lebih cepat melalui kanal-kanal media sosial, dengan berbagai  situs media, dunia bisnis online banyak diminati karna lebih praktis dan mudah, teknik pemasaran digital marketing salah satunya, periklanan online (google ads, facebook ads, tiktok ads, dll) dan SEO atau Search Engine Optimization.

Sebelum menyelami dunia digital marketing kita harus mengetahui kuncinya, kunci digital marketing ialah content marketing, melalui content menarik dengan mengikuti tren-tren dunia maya dapat lebih banyak menjangkau target pasar, melalui platform media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, tiktok, dll.

Pemasaran digital harus dibarengi dengan strategi yang efektif agar sesuai target yang kita rencanakan, berikut merupakan langlah-langkah strategi digital marketing, ialah: tentukan tujuan, lakulan riset mendalam, kumpulkan data audiens yang ingin di target, fahami digital marketing funnel, buat content plan, serta lakukan analisis dan evaluasi. Dengan menguasai stategi digital marketing, pemasaran akan lebih terencana dan tepat sasaran. Memiliki strategi digital marketing sangat penting untuk bisnis, karena akan membantu mengatur berbagai strategi pemasaran online sehingga semuanya bekerja untuk mencapai tujuan bisnis.